Alumni Nakasone

Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21

KAPPIJA 21 Dukung ICF Pekalongan Culture Week dan Jalin Kerjasama dengan STIE Ganesha

Bulan Oktober sebagai bulan dimana Hari Batik Nasional ditetapkan dan Hari Sumpah Pemuda lantang diucapkan, menjadi bulan sejarah bagi KAPPIJA 21.

Mengantar akhir September dan memulai bulan Oktober tepatnya pada tanggal 30 September s.d 4 Oktober, Kappija 21 mendukung penyelenggaraan Indonesia Creative Fair: Pekalongan Culture Week. (ICF: Pekaturee).

Kegiatan ini adalah bentuk dukungan KAPPIJA 21 kepada semangat cinta budaya masyarakat desa di Pekalongan yang menggelar sarasehan dan pertunjukan budaya tradisional dan kearifan lokal serta ekonomi kemasyarakatan yang hidup berakar dan menjadi kebanggaan budaya masyarakat setempat untuk dikenalkan dan berbagi pengalaman budaya bersama mitra dan masyarakat pengunjung.

Kegiatan ini merupakan kegiatan mandiri masyarakat Desa Wuradesa, Kabupaten Pekalongan yang tergabung dalam Komunitas dan Koperasi Gemah Sumilir. Komunitas yang peduli dan cinta pengembangan serta pelestarian budaya seperti batik, kerajinan tradisional, budaya dan ekonomi kreatif, bahkan bergerak dalam promosi homestay di desa wisata.

Koperasi Gemah Sumilir adalah mitra budaya KAPPIJA 21 yang juga merupakan binaan UMKM serta perintis Batik Icon Kappija21. Batik yang menjadi salah satu pernyataan cinta budaya dari KAPPIJA 21. Batik yang merupakan hasil karya desain motif penuh makna dan filsafat persatuan, persahabatan dan simbol peduli untuk mengawal kelestarian di bumi Nusantara.

Selain komit dalam upaya kepedulian terhadap budaya, ekonomi kreatif dan sosial, Kappija juga peduli dalam upaya peningkatan potensi SDM, upaya dukungan dalam sektor pendidikan dan sinergi para civitas akademika dan kemasyarakatan.

KAPPIJA memiliki kelas online Bahasa Jepang yang dapat diakses masyarakat luas, dan memiliki MoU dengan Universitas dan Sekolah Tinggi serta institut yang mendukung sinergi generasi muda.

Kegiatan Kappija menjadi kegiatan yang diakui oleh Akademisi, Universitas dan Sekolah Tinggi, serta mitra strategis lainnya. Telah ada beberapa penandatanganan MoU dg UI, Uhamka, JICA, beberapa mitra pelaku usaha, beberapa mitra K/L dan Pemda, serta Pelaku usaha.

MoU terbaru adalah saat Ketua Umum KAPPIJA 21 Dr. Sjahriati Rochmah, S.H., S.Pd., M. Hum., LL.M., melakukan penandatanganan MoU tentang peningkatan kapasitas dan potensi SDM serta pengembangan generasi muda, dengan Ketua STIE Ganesha, bapak M. Fahri SH.MH.MM, di saksikan oleh Direktur Magister Management STIE Ganesha, Dr. Joned Ceilendra Saksana SIp.SE.MM, yang juga merupakan Wakil Ketua Umum KAPPIJA 21.

Diharapkan dengan MoU ini, penguatan sinergi dan kolaborasi lintas komunal, lintas sektoral dan lintas generasi dapat terjalin baik dan menjadi titik tolak kemajuan mendukung peran strategis sumbangsih dan semangat memajukan pemberdayaan masyarakat. Keberlanjutan upaya nyata sumbangsih Kappija 21.

Salam sinergi dan kolaborasi. Salam Kappija, rumah kita bersama. *tj.1022

https://kappija21.org

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*