Alumni Nakasone

Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21

Perum PFN dan Kappija 21 Jalin Kerjasama di Bidang Perfilman

Kami berterima kasih atas rencana fasilitasi oleh Dirut PFN untuk promosi kegiatan KAPPIJA seperti rencana produksi Podcast kegiatan Indonesia Creative Fair : Jogja Japan Festival 2022 yang nantinya dapat membantu promosi kegiatan kepada khalayak ramai melalui platform media social PFN dan KAPPIJA.Termasuk juga dukungan PFN dalam acara Resensi Film Indonesia - Jepang di ICF: JOGJAPANFEST 2022 dengan mengirimkan beberapa film terbaik untuk resensi bersama antara perwakilan dari PERUM PFN, Tjandra Wibowo, dengan mitra KAPPIJA dari Jepang yaitu Terasia yg dipimpin Maho Watanabe
Sjahriati Rochmah
Ketum Kappija21

Siaran Pers. Jalin Kerjasama yang lebih erat, Dirut PFN Dwi Heriyanto tandatangani MOU dengan Ketum KAPPIJA 21 Sjahriati Rochmah di kantor PFN dibilangan Otista Jakarta Timur.

JAKARTA – Sebagai kelanjutan pertemuan antara PFN dan KAPPIJA 21sebelumnya,alhamdulillah dengan memanjatkan puji syukur atas rachmat Allah Tuhan Yang Maha Esa,bertempat di kantor PFN dibilangan Jl Otista Jakarta timur telah ditandatangani MOU (Memorandum of Understanding) oleh Dirut PFN Dwi Heriyanti B dan Ketua Umum KAPPIJA 21 Sjahriati Rochmah.

Komitmen Kerjasama ini bertujuan untuk saling mendukung program kegiatan masing-masing dalam rangka memajukan ekosistem perfileman Indonesia sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.Perum PFN sebagai BUMN bidang perfileman,dengan sarana dan prasana yang dimiliki mendukung penuh program kegiatan KAPPIJA 21 antara lain dalam bentuk fasilitasi studio Podcast dan produksinya untuk kegiatan Indonesia Creative Fair : Jogja Japan Festival 2022 atau yang dikenal ICF – JOGJAPANFEST 2022 yang akan dilangsungkan tanggal 17-18 September 2022 di Bantul  Jogjakarta.

Hadir dalam penandatanganan MOU tersebut jajaran PERUM PFN Dirut Dwi Heriyanto,Rita M Darwis dan tim humas .Sementara dari KAPPIJA 21 hadir Ketum Sjahriati Rochmah,Sekjen Afdal Marda,Waketum Joned C Saksama dan Kadiv Chandra N.

“Saya menyambut baik Kerjasama yang ditawarkan kawan-kawan KAPPIJA ini dan apresiasi yang tinggi atas perhatiannya dalam upaya bangkitnya PFN sebagai platform perfileman nasional yang dituntut adaptif seiring dengan perkembangan teknologi perfileman terkini.mengarah kepada teknologi digital khususnya rencana revitalisasi studio PFN dengan pemanfaatan teknologi XR yaitu Realitas terkembang atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai extended reality, X Reality, atau XR, merupakan istilah yang mengacu pada gabungan antara lingkungan nyata dan virtual yang di dalamnya .Sehingga studio PFN nantinya setara dengan studio canggih yang berkembang di studi negara maju.Kami berusaha dengan pelan tapi pasti mereformasi asset PFN guna mencapai tujuan tersebut”,ujar Diut PFN.

Kemudian mengemuka juga dalam diskusi hangat di kantor PFN gagasan untuk  sinergi kolaborasi KAPPIJA dan PFN yaitu dalam bentuk Festival Film Indonesia Jepang yang direncanakan diputar di Studio PFN dan Japan Foundation, dan serta beberapa tempat  mitra lainnya.

Kappija dan PFN beserta mitra lainnya juga akan menyelenggarakan acara Internasional Diseminasi Hasil Y20 Summit bertajuk Global Outlook Discourse: The Future Now.

Dalam hal perfileman InsyaAllah karakter Icon Kappija (Kappie dan Ija) akan masuk dalam film icon PFN yaitu Si Unyil dalam serial Petualangan si Unyil Indonesia Mendunia.

“Kami juga berupaya membuka komunikasi kepada JICA Indonesia Office terkait dengan Kerjasama BUMN PERUM PFN dengan pihak pemerintahan Jepang terutama dalam perkembangan perfileman digital dan animasi.dimana Jepang memiliki seni animasi terdepan di dunia film animasi,”ungkap Afdal

 Selain itu,mengikuti berita yang berkembang terkait rencana pemerintah yang akan menggabungkan PERUM PFN dengan PT Telkom sehingga PERUM PFN dapat mengembangkan ekosistem perfileman nasional dengan leluasa dengan dukungan platform Telkom yaitu Indihome dan Maxstreem.

 Menutup diskusi santai malam itu,Dirut PFN mengajak Tim KAPPIJA untuk tur singkat melihat fasilitas studio dan Gedung pendukung di komplek PFN yang menempati lahan seluas 2,9 hektar dijalur strategis dibilangan Jakarta Timur.Termasuk mengunjungi Studi Podcast PFN,bangunan bekas studio film Si Unyil dan tak kalah menariknya adalah meninjau ruangan bakal kantor KAPPIJA sebagai fasilitas yang disediakan oleh PFN untuk sekretariat KAPPIJA.

“Kami akan tata ruangan bakal kantor KAPPIJA ini dengan melengkapi dengan bendera KAPPIJA dan bendera PENGDA KAPPIJA lengkap dengan patakanya”, ungkap Chandra.

 Rencana ruangan kantor KAPPIJA menempati lantai atas Gedung utama perkantoran PFN dan rencana diusahakan bisa dimanfaatkan dalam waktu dekat untuk titik kumpul bagi pengurus KAPPIJA dan mitranya.

 ”PFN pun akan mendukung acara Kappija 21 selanjutnya yaitu ICF: Pasar Rakyat Setu Babakan, dengan menyiapkan Bioskop Rakyat. Juga mendukung acara NLF di Makassar dan ELF Kuala Lumpur.Untuk itu keberadaan kantor di PFN ini menjadi titik tolak koordinasi lebih intensif bagi pengurus KAPPIJA,guna persiapan yang lebih baik bagi acara-acara tersebut”,tutup waketum Joned. (AM-30/08/2022)

https://kappija21.org

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*