Alumni Nakasone

Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21

11.30 WITA: Kursus Bahasa Jepang Online Kappija-Timor Leste Resmi Berakhir

Di Jakarta-Dili, hari ini, dimulai dengan sapaan hangat “Ohayou gozaimasu” dan “Bondia” dalam bahasa Tetun, kelas daring bahasa Jepang Kappija Timor Leste Batch 3 telah resmi dibuka oleh Farah Sensei. Topik pelajaran kali ini berkisar pada Coukai (Listening) dan Onomatope, yaitu kata-kata yang menggambarkan bunyi atau keadaan tertentu. Para siswa mendengarkan suara percakapan dan menjelaskan makna serta konteksnya.

Dalam suasana santai dan penuh canda, kelas pagi ini berjalan lancar. Farah Sensei terdengar riang, menciptakan atmosfer yang menyenangkan bagi para peserta.

Setelah berlangsung selama satu setengah jam, Rizka Sensei mengambil alih sesi selanjutnya dengan meminta kesan dan pesan dari peserta Timor Leste. Bang Santos Gantry Meilana, sebagai perwakilan, menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan belajar bahasa Jepang yang diberikan oleh Kappija. Dia juga menyoroti bagaimana pembelajaran tersebut sangat membantu mereka saat mengikuti program di Jepang baru-baru ini.

Bang Joe, seorang mahasiswa di Dili, juga mengekspresikan rasa terima kasihnya dan antusiasme untuk melanjutkan program ini. Sementara itu, Bang Jopra, mahasiswa program Eksakta, menyampaikan harapannya agar kerjasama antara Kappija dan Timor Leste dapat diperluas ke bidang lain seperti Pendidikan dan Seni.

Pengurus Pusat Kappija juga mengucapkan terima kasih kepada Pengda Jabar, yang telah berhasil mengelola kursus bahasa Jepang online ini dengan baik. Mereka juga menyampaikan apresiasi kepada para guru atau sensei atas dedikasi mereka dalam menjalankan program ini.

Di balik layar, Babang Ahsantany ‘Tamvan’ Lahmuddin juga mendapat penghargaan atas pengawalannya yang konsisten terhadap program ini.

Sekjen Kappija berharap bahwa program bahasa ini akan menjadi awal dari kerjasama yang lebih luas antara Kappija dan Timor Leste, dan mengucapkan salam perpisahan dengan harapan bertemu kembali di kesempatan berikutnya.

Sesi ngobrol santai ditutup dengan foto bersama dan senyum haru perpisahan dari para peserta, dengan ucapan “See you when I see you” dan “Salam sehat selalu”.

https://kappija21.org

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*