Alumni Nakasone

Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21

KAPPIJA 21 Tuan Rumah Rapat Dewan Eksekutif AJAFA-21 ke-35 di Jakarta

Setelah dua tahun dilaksanakan secara daring karena pandemi Covid-19, The Executive Council Meeting (ECM) atau Rapat Dewan Eksekutif Anggota AJAFA-21 (ASEAN Japan Friendship Association For Twenty First Century) akan kembali dilakukan secara luring pada tahun 2023. Kegiatan ini akan menjadi tuan rumah oleh KAPPIJA 21 Indonesia, yang merupakan keluarga alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad ke-21 (KAPPIJA 21) dan merupakan mitra organisasi kepemudaan binaan Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI.

AJAFA-21 adalah organisasi tingkat regional ASEAN yang melibatkan anggota dari negara-negara ASEAN dan Jepang. Menurut konstitusinya, The Executive Council Meeting (ECM) dilakukan satu tahun sekali dan dilaksanakan secara bergilir oleh anggota AJAFA-21. Kegiatan ini merupakan forum penting untuk melakukan evaluasi program-program kegiatan AJAFA-21 periode setahun kepengurusan, diskusi, dan pengambilan keputusan strategis terkait masa depan AJAFA-21.

Pada ECM ke-35 ini, KAPPIJA 21 Indonesia akan menerima posisi keketuaan AJAFA-21 dari organisasi alumni Kamboja (JICA AC). Posisi keketuaan AJAFA-21 ini sangat strategis, terutama karena Indonesia juga menjabat sebagai ketua ASEAN pada tahun 2023. Dengan demikian, partisipasi KAPPIJA 21 di ECM ini diharapkan dapat memperkuat posisi Indonesia dalam hubungan regional ASEAN, terutama dalam membangun kerjasama dengan sesama alumni program JICA Jepang dalam bidang sosial, budaya, pendidikan, dan ekonomi kreatif.

Acara ECM ke-35 ini akan dihadiri oleh wakil pengurus alumni program JICA Jepang dari negara-negara ASEAN, dengan perkiraan jumlah delegasi sebanyak 60 peserta. Rangkaian acara ECM ini terdiri dari kegiatan rapat dengan agenda utama evaluasi program-program kegiatan AJAFA-21 periode setahun kepengurusan, diskusi, dan pengambilan keputusan strategis terkait masa depan AJAFA-21.

Selain itu, acara ini juga akan menyelenggarakan sesi panel diskusi dengan mengundang Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ketua Umum KADIN Indonesia, Sekretaris Jenderal ASEAN, dan CEO Wardah Grup sebagai perwakilan dunia usaha. Diskusi ini diharapkan dapat memberikan perspektif yang beragam dan solusi yang inovatif terhadap tantangan yang dihadapi oleh AJAFA-21 dan mendorong kolaborasi yang lebih kuat di antara anggota.

Selama acara ECM, peserta juga akan memiliki kesempatan untuk melihat etalase dan ikon Indonesia. Beberapa tempat yang akan dikunjungi antara lain Monumen Nasional (MONAS), Perpustakaan Nasional, dan jalan sehat sepanjang jalan Sudirman-Thamrin (Car Free Day). Ini adalah kesempatan yang baik bagi peserta untuk mengenal lebih dekat budaya dan keindahan Indonesia.

Kegiatan Rapat Dewan Eksekutif ECM ke-35 direncanakan akan berlangsung dari tanggal 16 hingga 19 Maret 2023. Acara akan diawali dengan pembukaan secara simbolis oleh Wakil Presiden Republik Indonesia di Istana Wakil Presiden. Selama ECM, diharapkan akan terjalin kerjasama yang erat antara anggota AJAFA-21 dan tercipta sinergi yang positif untuk masa depan AJAFA-21 dan hubungan regional ASEAN-Jepang yang lebih kuat.

Dengan kehadiran KAPPIJA 21 Indonesia sebagai tuan rumah, diharapkan ECM ke-35 ini akan menjadi kiprah nyata dan peran serta yang signifikan dalam kolaborasi dan sinergi dengan organisasi alumni JICA Jepang di tingkat regional ASEAN serta memperkuat posisi Indonesia di tingkat regional ASEAN.

https://kappija21.org

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*