Alumni Nakasone

Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21

Kunjungan KAPPIJA 21 ke Pusat Kebudayaan Soka Gakkai: Mempererat Tali Persahabatan Demi Dunia yang Lebih Baik

Selasa, 13 Februari 2024 – KAPPIJA21 membuat langkah bersejarah dengan melakukan kunjungan yang penuh makna ke Pusat Kebudayaan Soka Gakkai. Kunjungan ini tidak hanya mengukuhkan hubungan antarlembaga, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam upaya bersama untuk menciptakan dunia yang lebih baik.

Acara ini merupakan bagian tak terpisahkan dari persiapan delegasi Executive Council Meeting (ECM) ke Tokyo, yang dijadwalkan berlangsung pada 29 Februari hingga 5 Maret 2024. Delegasi ini tidak sekadar akan menjalankan agenda ECM dengan Jepang dan negara-negara ASEAN, tetapi juga akan melaksanakan studi banding ke Soka University, salah satu institusi pendidikan terkemuka di Jepang.

Dalam rangka persiapan tersebut, KAPPIJA21 mengatur kunjungan persahabatan ke Pusat Kebudayaan Soka Gakkai. .Acara ini dipimpin oleh Dr. Syahriati Rochmah, S.H., yang merupakan Ketua Umum KAPPIJA 21. Delegasi yang hadir terdiri dari sejumlah tokoh penting, di antaranya:

  • Dra. Wening Esthyprobo Fatandari, Duta Besar Berkuasa Penuh RI untuk Hongaria tahun 2015-2018/Dewan Penasehat KAPPIJA21
  • Dr. Imam Nuraryo, M.A,¬†Dekan Fakultas Komputer dan Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie / Wakil Ketua KAPPIJA21 bidang ekonomi kreatif, sosial budaya dan pemberdayaan kepengurusan daerah
  • Bu Anastasia dari Kemenpora/Pengurus Pusat KAPPIJA
  • Sdr. Ivander sebagai perwakilan Forum Komunikasi Generasi Emas ASEAN
  • Dra. Seni Asiati Bachsin, M. Pd,¬†Wakil Kepala Sekolah SMPN 231 Jakarta Utara/Kadiv Humas KAPPIJA21

Pada kunjungan ke Pusat Kebudayaan Soka Gakkai, delegasi KAPPIJA21 diterima dengan hangat oleh:

  • Bapak Antonius Polim (Ketua Umum)
  • Ibu Ely Muliawan (Humas)
  • Tetsuji Taguchi (Bendahara Umum)

Sebagai bagian dari jaringan komunitas Buddhisme Nichiren, Pusat Kebudayaan Soka Gakkai menyambut baik kedatangan KAPPIJA21. Soka Gakkai Indonesia, yang memiliki nilai dasar “Soka” yang berarti “Mencipta Nilai,” telah berkembang pesat dengan lebih dari 12 juta anggota di 192 negara dan wilayah.

Buddhisme Nichiren, yang pertama kali diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 1960-an, bukan sekadar sebuah agama, melainkan juga sebuah filosofi praktis tentang pemberdayaan diri dan perubahan yang positif. Bagi anggota Soka Gakkai International (SGI), hidup memiliki makna dalam menciptakan nilai positif dalam setiap aspek kehidupan dan memberikan kontribusi yang berarti bagi kesejahteraan keluarga, teman, dan masyarakat.

Dalam suasana yang hangat dan penuh kebersamaan, kunjungan ini tidak hanya menjadi momentum untuk mempererat hubungan antara KAPPIJA21 dan Soka Gakkai, tetapi juga untuk memperkuat tekad bersama dalam mewujudkan dunia yang lebih baik melalui kerjasama yang kokoh dan tulus.

https://kappija21.org

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*