Menanam Mangrove di Kegiatan Kappija21 Peduli

19 December 2021

Divisi Sosial, Masyarakat & Lingkungan - Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia-Jepang Abad 21 (KAPPIJA-21) Melaksanakan kegiatan bertemakan “ KAPPIJA PEDULI” di Taman Wisata Alam Mangrove, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu 19 Desember 2021.

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini di hadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria,  Minister for Economic Affairs Emmbassy of Japan Mr. Masato USUI, Japan International Cooperation Agency (JICA) Mr. HISAO Ando dan Ms. NAKAYAMA Mariko. Walikota Jakarta Utara diwakili oleh Sekretaris Kota Bpk. Abdul Khalit,  Kepala Biro Kerja Sama Daerah/diwakili oleh Kabag KLN Bpk. Yudi H.

 “Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 45 orang yang terdiri dari pengurus Pusat, Pengda, member, Kappija Yunior dan mahasiswa sastra Jepang dari UHAMKA Jakarta “ Ucap Ketua Panitia Kegiatan ini Chandra Nurpatrisia dalam laporannya di hadapan para peserta dan tamu yang hadir.

kegiatan seperti ini akan terus dilakukan sebagai komitmen Kappija berperan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam Negara Kesatuan Republik IndonesiaSjahriati Rochmah, Ketum Kappija21

 TWA Angke Kapuk merupakan bagian dari kawasan hutan Angke Kapuk yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Nomor 24 tanggal 1 Juni 1939 dengan luasan 99,82 Ha.

 Tipe ekosistem yang menjadi habitat berbagai jenis burung air ini adalah ekosistem mangrove. Ijin Pengusahaan Pariwisata Alam TWA Angke Kapuk diberikan kepada PT. MURINDRA KARYA LESTARI sejak 1997 dengan tujuan mengembangkan TWA Angke Kapuk sebagai sarana pariwisata alam sekaligus mempertahankan kelestarian fungsi mangrove sebagai sistem penyangga kehidupan.

 Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan selain permasalahan pandemi COVID-19 saat ini, isu perubahan iklim juga harus diwaspadai bagi masyarakat yang dapat mengganggu kelangsungan hidup masyarakat ke depannya.

Dampak perubahan iklim ini tidak kecil dan tidak bisa diremehkan begitu saja. Berbagai bencana alam yang terjadi di sekitar kita seperti kebakaran hutan, gelombang panas, banjir bandang, kekeringan, tsunami dan lain sebagainya pada dasarnya terkait dari fenomena climate change ini

Ahmad Riza Patria , Wakil Gubernur DKI Jakarta

“Bisa dikatakan terjadinya perubahan iklim ini adalah bukti minimnya kepedulian kita sebagai manusia terhadap isu kelestarian lingkungan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Riza mengatakan Pemprov DKI Jakarta terus berkomitmen untuk mencegah terjadinya krisis iklim di Jakarta dengan program-program seperti kampung iklim hingga penanaman mangrove.

 “Beberapa program mitigasi dan adaptasi penanganan perubahan iklim di antaranya yaitu program kampung iklim, penguatan ketahanan pangan, penanaman mangrove, penempatan pemecah gelombang, pembangunan tanggul pantai, pengaturan pertaruhan darat dan laut yang berbasis pada risiko bencana iklim,” lanjutnya.

"Sejak 2019, Pemprov DKI Jakarta telah menargetkan penambahan 200 ribu pohon mangrove dan hingga saat ini telah ditanam tidak kurang dari 70.880 pohon yang mencakup 230.584 pohon dan 47.296 mangrove," tambah dia.

“Kegiatan peduli lingkungan dan menanam mangrove ini merupakan salah satu bukti serius kita, dalam menjaga lingkungan di Jakarta dalam hal ini selaras dengan program pemerintah provinsi DKI Jakarta yang juga memiliki keseriusan dalam pengurangan emisi karbon sekaligus membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak dalam mendukung berbagai pelibatan pengurangan emisi karbon,” pungkasnya.

Selain menanam mangrove peserta juga diberi kesempatan untuk berkeliling lokasi hutan mangrove menggunakan boat. Mereka sangat antusias melihat pemandangan hutan dan sesekali melihat langsung satwa burung dalam jarak dekat.

Kegiatan yang di sponsori oleh Air Mineral Pristine, Bank Mandiri dan Bank DKI ini berakhir pukul 14.00 WIB. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini. (Chandra)

Login to post comments

Halal bi Halal

Kontak Kami

Kantor KAPPIJA 21, Rumah Kita Bersama

  • Add: Central Senayan II Senayan DKI Jakarta
  • Tel: +62 812-9994-214
  • Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Hotline:  +62 812-9994-214

 

Pengurus KAPPIJA 21

SELENGKAPNYA

 

by ARTIST_NAME
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…